Nurmiati Buka Diklat Dasar Berjenjang bagi Guru PAUD Se-Banda Aceh

Banda Aceh – Bunda PAUD Kota Banda Aceh Nurmiati membuka Diklat Dasar Berjenjang bagi Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD se Kota Banda Aceh tahun 2022. Acara berlangsung di TKIT Baitussalihin Ule Kareng, Banda Aceh (Selasa, 21 Juni 2022).

Turut hadir, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh Sulaiman Bakhri, Bunda Paud se Kecamatan Kota Banda Aceh, serta tamu undangan lainnya.

Nurmiati dalam sambutannya mengatakan, usia dini merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang. Penanaman sikap sejak dini merupakan kunci utama untuk membangun bangsa. Pengalaman anak pada tahun pertama menentukan kualitas kehidupannya di masa yang akan datang. Anak-anak adalah generasi yang akan menentukan nasib bangsa di kemudian hari. Karakter anak-anak yang terbentuk sejak sekarang akan sangat menentukan karakter bangsa di kemudian hari.

“Sesuai dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS pasal 1 ayat 14 yaitu; Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan Pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki Pendidikan lebih lanjut,” katanya.

Dari hal tersebut, Nurmiati selaku Bunda PAUD Kota Banda Aceh mengapresiasi kepada HIMPAUDI Kota Banda Aceh yang berinisiasi melaksanakan kegiatan Diklat Dasar Berjenjang tingkat dasar secara mandiri yang bertujuan meningkatkat kompetensi pendidik.

“Pada hari ini saya juga ingin menyampaikan kepada Bunda PAUD kecamatan untuk terus mendorong partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mendukung pembinaan penyelenggaraan dan pengembangan layanan PAUD berkualitas, terus memotivasi pengelola, penyelenggara, Pembina serta guru dan tenaga kependidikan dalam penyelenggaraan layanan PAUD yang berkualitas dan mendorong terciptanya layanan PAUD Holistik Integratif yang mencakup perawatan, pengasuhan, Kesehatan gizi, Pendidikan, perlindungan dan kesejahteraan anak usia dini,” jelasnya.

Kepada peserta yang mengikuti kegiatan diklat dasar ini, diharapkan dapat mengikuti kegiatan dengan serius dan terus memperkaya diri dengan ilmu dan tak berhenti untuk terus belajar. “Seperti pepatah mengatakan “Seorang guru itu adalah orang yang berani mengajar dengan tidak berhenti belajar,” kata Nurmiati. (Mer)

https://bandaacehkota.go.id