Posyandu Remaja RESIF Gampong Peunyerat

Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan berbasis kesehatan masyarakat khusus remaja, untuk memantau dan melibatkan mereka demi peningkatan kesehatan dan keterampilan hidup sehat secara berkesinambungan.

Posyandu ini memfasilitasi pemahaman seluk beluk remaja selama masa puber yang ditujukan kepada siswa dan remaja pada umumnya, bertujuan meningkatkan kesehatan remaja secara menyeluruh, baik itu kesehatan fisik, mental, maupun sosial. Dengan adanya posyandu ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan informasi pada remaja tentang pola hidup sehat serta pentingnya menjaga kesehatan.

Sasaran kegiatan Posyandu Remaja adalah remaja usia 10-18 tahun, laki-laki dan perempuan.

Kegiatan posyandu remaja terdiri dari:

  • Pelayanan kesehatan dasar seperti penimbangan dan pengukuran tekanan darah.
  • Penyuluhan tentang masalah Kespro Remaja dan permasalahan yang dialami remaja pada umumnya seperti NAPZA, seksualitas, HIV/AIDS dan lain-lain.

Tujuan Posyandu Remaja adalah:

  • Memberikan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja.
  • Memberikan pengetahuan pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi dan NAPZA bagi remaja.
  • Menciptakan wadah generasi muda di masing-masing desa atau kelurahan sebagai wadah pembinaan dan memahami pentingnya gaya hidup sehat.

Posyandu remaja menerapkan sistem 5 meja, yaitu:

Meja 1: Meja pendaftaran atau registrasi.
Meja 2: Meja pemeriksaan berat-badan, ukur tinggi-badan, tensi.
Meja 3: Meja pencatatan.
Meja 4: Meja penyuluhan gizi dan kesehatan.
Meja 5: Meja Konseling dan KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi).

Sejak tahun 2023 dalam upaya pencegahan stunting, Pemerintah Gampong Peunyerat, Kecamatan Banda Raya, telah melakukan Launching Posyandu Remaja dengan nama RESIF.

Pada tahun lalu, Minggu (27/08/2023), dalam rangka HUT RI ke 78 Posyandu Remaja Resif Gampong Peunyeurat melalukan kegiatan  jalan sehat, penyuluhan Narkoba, pemeriksaan Kesehatan serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT), yang diikuti diikuti oleh remaja berusia 10 s/d 18 tahun.

Posyandu remaja dijalankan oleh kader remaja di daerah tersebut yang mau secara sukarela menjadi kader, dan berdomisili di wilayah posyandu remaja tersebut.

Kegiatan posyandu remaja ini dilakukan setiap bulan pada Minggu kedua. Dalam bulan Februari ini dilaksanakan  hari Minggu, 25 Februari 2024 di Poskesdes Gampong Peunyerat.

Keuchik gampong Peunyerat, T Ismed Fadhillah mengatakan kesehatan remaja menjadi hal yang sangat penting untuk menciptakan generasi muda yang sehat, cerdas dan beriman.

“Untuk itu pemeriksaan rutin harus dilaksanakan minimal sekali dalam sebulan. Inilah yang dilaksanakan oleh kader posyandu remaja yaitu melaksanakan kegiatan posyandu remaja, “pungkasnya.

Sementara itu kader posyandu remaja, Kadafi menjelaskan bahwa remaja yang datang ke posyandu akan dilakukan pengukuran tinggi badan, penimbangan berat badan, pengukuran lingkar perut dan lengan, penyuluhan kesehatan dan pemberian makanan tambahan.

“Khusus untuk remaja putri juga akan diberikan tablet tambah darah, “tutupnya

https://peunyeurat.desa.id

Buku Panduan Posyandu Remaja_HKI