Aceh Juara TTG Tingkat Nasional

BANDA ACEH – Duta Aceh, Ir Hasanuddin, dengan alat Teknologi Tepat Guna (TTG) pengolah air laut menjadi garam viscos cair dan air mineral berhasil menyingkirkan peserta dari Jawa Timur dan Yogyakarta pada lomba TTG Tingkat Nasional Ke-XII, di Jogja Expo Centre (JEC)Yogyakarta, 22-26 September 2010. Alat rakitan Hasanuddin yang menghasilkan garam cair 1 ton dan 9 ton air mineral dinobatkan sebagai TTG terbaik Se-Indonesia. Alat Pengolahan Air Laut milik Hasanuddin itu, sebelumnya terpilih menjadi juara 1 pada Lomba Inovasi TTG se-Aceh pada tanggal 9-11 Juli 2010 di Banda Aceh. Hasanuddin pun mewakili Aceh mengikuti TTG Nasional Ke-XII di Yogyakarta, dan kembali meraih juara satu.

“Saya tidak menyangka bisa jadi juara, dan dinyatakan sebagai alat TTG terbaik Se-Indonesia. Hampir seluruh provinsi di Indonesia meminta alat itu untuk dikembangkan di daerah mereka,” kata Hasanuddin yang masih berada di Yogyakarta, saat dihubungi Serambi melalui telepon selularnya, Senin (27/9). Ia berharap, hasil karyanya yang kini sudah ada hak cipta dan merek dagang itu, bisa dikembangkan dan diproduksi di Aceh. “Oktober nanti saya di undang ke Malaysia. Malah sebelum saya ikut kompetisi ini, Malaysia menawarkan saya menjadi warga negara mereka, namun saya tolak. Karena saya ingin berkiprah di negeri sendiri,” ucapnya, yakin.

Sementara Kepala BPM Aceh melalui Kasubbid TTG, Fachrur Razi SP MM yang juga berada di Yogyakarta mengatakan, TTG Tingkat Nasional XII itu bertujuan menyebarluaskan informasi berbagai jenis teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat, dan sebagai forum untuk menggali gagasan pemikiran dalam rangka penyusunan kebijakan penerapan dan pengembangan TTG di masa mendatang. Ia menyebutkan, juara I TTG Nasional tahun ini diraih perwakilan dari Aceh, dan membawa pulang piala tetap, uang pembinaan Rp 16 juta, dan sertifikat. Sedangkan juara II diraih Provinsi Jatim dan juara III DIY Yogyakarta. Sedangkan tim penilai terdiri dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Baitbang Pertanian, LIPI, BPPT, dan Ditjend PMD.(c47)

http://www.serambinews.com/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*