KuALA Kerahkan Anak-Anak PAUD Tanam Manggrove

Jaringan Koalisi untuk Advokasi Laut Aceh (KuALA) mengerahkan guru dan anak-anak Pendidikan Usia Dini (PAUD) untuk kegiatan penanaman batang manggrove. Koordinator aksi, Ratno Sugito mengatakan kegiatan ini adalah kerjasama KuALA dengan PAUD Bintang Kecil yang disupport oleh TDMRC.

 Ia menjelaskan ada 100 batang manggrove yang ditanam oleh 50 orang anak-anak PAUD Bintang Kecil di Lampaseh, Banda Aceh. “Selain guru dan anak-anak, Kepala Dinas Kebersihan Kota Banda Aceh dan sejumlah instansi seperti Dinas Kehutanah Provinsi Aceh dan BKSDA juga ikut mendamping anak-anak PAUD tersebut,” kata Ratno kepada The Globe Journal, Rabu (21/12) pagi tadi.

 Kegiatan ini berlangsung selama setengah hari mulai pagi hingga siang hari. Secara terpisah Kepala Dinas Kebersihan Kota Banda Aceh, T. Iwan Kusuma mengatakan kegiatan penanaman ini perlu dilakukan secara berkelanjutan dengan melibatkan anak-anak baik tingkat PAUD maupun tingkat SD dan SMP.

 Tujuannya adalah untuk melindungi Banda Aceh dan memberikan konstribusi guna penciptaan iklim yang lebih baik bagi masyarakat. “Saya mendukung sepenuhnya dan menganjurkan kepada masyarakat untuk sebanyak mungkin menanam manggrove,” kata Iwan.

 Ratno Sugito menambahkan dipilihnya lokasi Lampaseh, Banda Aceh ini karena sudah dicanangkan sebagai tempat pusat penanaman manggrove di Kota Banda Aceh. Apalagi kawasan ini masih sangat gersang dan berhadapan dengan kawasan pantai. Sebelumnya pernah dilakukan kegiatan-kegiatan penanaman di lokasi ini dan sedikitnya 90 persen batang manggrove sudah mulai tumbuh.

sumber : http://www.theglobejournal.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*